Apa itu virus zika ?

http://oto-didak13.blogspot.co.id/

Apa itu virus zika ? pasti banyak kawan2 yang bingung dengan virus ini. Virus baru ini mirip dengan virus demam berdarah yang disebabkan oleh nyamuk. Meski memiliki nama yang dibilang cukup indah untuk sebuah penyakit, namun virus Zika bisa membuat penderitanya mengalami beberapa gejala seperti penyakit demam berdarah. Oleh karena itu, bagi masyarakat awam, banyak yang mengira virus ini adalah virus demam berdarah.

Dikutip dari laman WHO, virus Zika sendiri sebenarnya sudah muncul sejak tahun 1947 di Uganda. Temuan virus ini dideteksi dari badan hewan endemik Uganda yaitu kera. Kemudian virus ini ternyata bisa menular pada tubuh manusia dan serangan dari virus ini pun semakin meluas mulai dari negara-negara di Afrika, kawasan negara kepulauan Mikronesia, kepulauan Karibia, Amerika selatan, hingga di Jambi, Indonesia yang sampai di tahun 2015.

Penyebaran virus Zika ini dimulai melalui media nyamuk Aedes aegypti yang masih satu family dengan virus penyebab penyakit demam berdarah, penyakit kuning, dan penyakit cikungunya. Itulah sebabnya gejala yang ditimbulkan hampir mirip seperti penyakit demam berdarah yaitu demam tinggi, tulang dan persendian yang ngilu, serta lemas dan lesu.

Namun sebenarnya ada beberapa gejala yang bisa membedakan antara virus Zika dan penyakit demam berdarah yaitu:
1) Demam tidak terlalu tinggi yang berlangsung paling tinggi hanya 38 derajat celcius. Sementara penyakit demam berdarah, demamnya bisa berlangsung sangat tinggi.
2) Jika di penyakit demam berdarah yang muncul adalah bintik-bintik merah sekujur badan, maka pada pasien penyakit Zika muncul beberapa ruam yang lebar dengan benjolan tipis. Terkadang ruam ini berubah warna menjadi merah tua.
3) Penderita penyakit Zika juga akan mengalami keluhan infeksi mata yaitu mata kemerahan disertai dengan munculnya ruam pada bagian dalam kelopak mata.

Cara pencegahan
1) Hindarkan diri Anda dari gigitan nyamuk dengan memakai krim anti nyamuk, baju berlengan panjang dan celana panjang saat berada di luar rumah.
2) Bayi di bawah usia tiga bulan tidak boleh memakai krim anti nyamuk. Selubungi tempat tidur bayi dengan kelambu agar terhindar dari gigitan nyamuk.
3. Lengkapi rumah Anda dengan air conditioner atau kawat kasa di lubang angin rumah untuk menghalau nyamuk masuk ke rumah Anda.
4. Ganti air di vas bunga ata bak mandi secara teratur.
5. Anak dan bayi di atas usia tiga bulan sebaiknya memakai krim anti nyamuk yang sesuai dengan usia mereka.
6. Minum banyak air putih dan cukup istirahat.
7. Segera berkonsultasi ke dokter jika tubuh Anda menunjukkan gejala terjangkit virus.
Sekian dan terimkasih, semoga bermanfaat yaa..
Apa itu virus zika ? Apa itu virus zika ? Reviewed by cristoper on 21.23 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.