Apa Itu Top Level Domain (TLD) ?

http://oto-didak13.blogspot.co.id/
Sebagai blogger atau masyarakat awam pasti kawan2 bertanya-tanya, apa sih itu Top Level Domain (TLD) ? Apa sih fungsi dari Top Level Domain (TLD) ? Kenapa kita harus memakai Top Level Domain (TLD) ? melalui artikel ini, semua pertanyaan itu akan saya jawab semua dengan pengalaman yang pernah saya alami.

Top Level Domain (TLD) merupakan akhiran pada suatu nama domain yang mengidentifikasi pemilik tingkatan tertinggi domain tersebut dan jenis domain tersebut. Domain seperti ini terbatas, ini adalah beberapa contoh Top Level Domain (TLD) :
  1. gov - Goverment agencies (Pemerintah)
  2. edu - Education institutions (Institusi Pendidikan)
  3. org - Organizations (Organisasi nonprofit)
  4. mil - Military (Militer)
  5. com - Commercial Bussines (Organisasi Profit/Komersil)
  6. net - Network Organizations (Organisasi Network)
  7. ca - Canada (Negara Kanada)
  8. tv - Television (Televisi)
Country Code Top Level Domain (ccTLD). Bagian terakhir ini (ccTLD) adalah kode yang diperuntukkan bagi masing-masing negara, sama seperti kode telepon yang berupa nomor (+62 untuk indonesia), tapi di ccLTD ini kita dapat menggunakan angka sebagai kode domain negara, tetapi dengan menggunakan . (dot) diikuti dengan kode negara. Misalnya Indonesia kode domain negaranya adalah ID, jadi kalau ada domain dibelakangnya terdapat .co.id atau .net.id atau .or.id berarti domain itu domain Indonesia.

Domain Top Level Domain (TLD) berbayar
Oke selanjutnya, kita bahas pertanyaan selanjutnya, yaitu kenapa kita harus memakai domain TLD yang berbayar ? Kenapa tidak pakai domain gratisan saja seperti .blogspot atau .wordpress ?

Keuntungan Menggunakan Domain Top Level Domain (TLD) berbayar :
  1. Terlihat lebih Profesional - Dengan domain TLD berbayar, maka blog atau website kita akan terlihat lebih profesional.
  2. Terlihat lebih serius - Menggunakan domain TLD berbayar menunjukan bahwa kita ngeblog lebih serius dan makin disenangi pengunjung lainnya karena percaya bahwa kita akan menampilkan yang terbaik untuk mereka.
  3. Terlihat lebih keren - Menggunakan domain TLD berbayar memiliki gengsi tersendiri. Kenapa tidak, blog kita akan terlihat seperti web profesional lainnya yang akan juga memakai domain TLD berbayar, sedangkan menggunakan TLD yang gratisan akan membuat alamat blog kita terganggu karena adanya domain sesuai platform terkait dan lebih panjang.
  4. Tidak perlu bayar hosting - Ini ditujukan untuk para blogger yang ingin tampil keren dengan TLD berbayar tapi masih betah dengan hosting yang disediakan platform blogger yang user freindly. Itu sangat bisa, jadi kita hanya memberli domain dan memasangnya di blogger.
  5. Alamat akan teralihkan otomatis - Tidak usah kawatir bagi kawan2 semua atau para blogger yang mau menggunakan domain berbayar, karena blogger akan otomatis akan menglihkan alamat blog lama ke alamat baru yang kita beli.
  6. Backlink akan teralihkan - Jangan kawatir dengan pengguna TLD blogspot yang udah lama memakai domain tersebut dan kawatir apabila mengubah domain backlink hilang. Backlink yang sudah ada tidak akan hilang, malah perlahan akan di alihkan pada domain baru, asalkan Secod Level Domain (SLD) nya tidak diubah.
Kekurangan Menggunakan Domain Top Level Domain (TLD) berbayar:
  1. Harus membayar domain - Menggunakan domain TLD seperti .com dan .net harus membayar ke web penyedia hosting. Tapi itu wajar saja, kalau kita ingin bagus tidak ada salahnya kita mengeluarkan sedikit modal.
  2. Kehilangan domain apabila tidak diperpanjang - Apabila telah menentukan ingin memakai domain TLD berbayar, maka seriuslah dalam menekuninya, karena waktu yang kita buang sama saja membuang uang kita untuk menyewa domain.
  3. Mendaftar ulang ke webmaster - Menggunakan domain baru tentunya harus juga dikenalkan pada si pencari website atau search engine, agar search engine cepat mengenal domain baru kita.
Jadi tunggu apalagi kawan2 jangan ragu-ragu untuk menggunakan domain TLD berbayar. Sekian penjelasannya dari saya mengenai Domain Top Level Domain (TLD) berbayar, semoga bermanfaat ya...
Apa Itu Top Level Domain (TLD) ? Apa Itu Top Level Domain (TLD) ? Reviewed by cristoper on 05.25 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.