Manajemen Waktu

http://oto-didak13.blogspot.co.id/

Apa sih itu manajemen waktu ? mungkin banyak kawan2 yang bingung dengan judul diatas. Sekarang saya akan membahasnya.

Manajemen waktu adalah usaha yang menjamin bahwa suatu proyek akan selesai dalam waktu yang tepat sesuai dengan yang ditetapkan dan kegagalan mengelola waktu proyek akan berakibat pada :
- Penyelesaian proyek tidak tepat waktu.
- Membengkaknya berbagai sumber daya proyek khususnya biaya dan SDM proyek.
- Manajemen waktu terjadi pada proses perencanaan dan proses controling.

Proses manajemen waktu :
1) Mendefinisikan Aktivitas/Define Activity merupakan kegiatan untuk mengidentifikasi dan mengidentifikasikan waktu aktivitas atau pekerjaan apa saja yang akan dikerjakan pada proyek. Daftar aktivitas ini dapat mengacu pada WBS (Work Breakdown Structure) yang telah disusun sebelumnya pada manajemen scope. Dari definisi aktivitas ini pula, estimasi biaya, waktu dan kebutuhan sumberdaya lain dapat disusun.
2) Sequence activity / membuat urutan aktivitas yaitu berdasarkan define activity disusun daftar urutan aktivitas sesuai dengan persyaratan pengerjaan atau penyelesaian setiap aktivitas.
3) Estimate activity Resource / estimasi kebutuhan sumber daya yaitu mengestimasi atau mengalokasikan sumber daya atau peralatan yang akan digunakan.
4) Estimate activity Duration / estimasi durasi waktu yaitu berdasarkan definisi aktivitas dan urutan aktivitas diperkirakan waktu yang dibutuhkan untuk setiap aktivitas.
5) Develop Shcedule / membuata jadual proyek yaitu menetapkan jadual pelaksaaan dan penyelesaian proyek secara keseluruhan.

Hubungan Pekerjaan Dibedakan Menjadi ;
1) Finish-to-start (FS) adalah Suatu aktivitas tidak dapat dimulai selama aktivitas sebelumnya belum berakhir.  Misal kegiatan pelatihan implementasi sistem tidak bisa dilakukan jika sistem belum diselesaikan.
2) Start-to-start (SS) adalah Suatu aktivitas tidak dapat dimulai selama aktivitas lain belum dimulai.  Misalnya kegiatan desain sistem tidak bisa dimulai  jika kegiatan analisis sistem tidak dimulai.
3) Finish-to-finish (FF) ; Suatu aktivitas tidak dapat diakhiri selama aktivitas lain belum berakhir. Misalnya kegiatan desain sistem selesai jika kegiatan analisa sistem selesai.
4) Start-to-Finish (SF) ; Suatu aktivitas tidak dapat diakhiri selama aktivitas lain belum dimulai. Misalnya kegiatan perancangan sistem belum bisa diakhiri jika kegiatan uji coba sistem belum dimulai.

Sekian penjelasan saya mengenai manajemen waktu, semoga bermanfaat yaa..

Manajemen Waktu Manajemen Waktu Reviewed by cristoper on 07.05 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.