Cara Agar Baterai Laptop Tetap Awet

http://oto-didak13.blogspot.co.id/
Haruskah saya mencabut baterai dari laptop agar lebih awet ? Apakah mencabut baterai dan menggunakan aliran listrik saja memiliki risiko terhadap daya tahan laptop ? Atau apakah berbahaya, memasang baterai namun secara bersamaan tetap menggunakan listrik ? meskipun baterai tersebut telah penuh ? Melalui artikel ini, saya akan bongkar dan jawab semua pertanyaan yang pasti sempat terpikirkan oleh kawan2 para pengguna setia laptop dengan pengalaman pribadi saya.

Bagaimana Sesungguhnya Baterai Laptop Bekerja ?

Baterai laptop yang beredar secara luas saat ini berjenis Li-Ion atai Lithium-Ion dan bekerja dengan cara mengalirkan ion dari Anoda ke Katoda melalui elektrolit dan separator. Proses tersebut pasti akan bekerja ketika kawan2 menggunakan baterai, dan tentu saja akan menghasilkan energi yang mengakibatkan daya baterai berkurang secara bertahap. Ketika kawan2 melakukan proses charge, energi-energi akan membuat Ion yang sebelumnya telah berpindah dari Anoda ke Katoda menjadi berbalik ke tempat semula. Inilah yang membuat baterai kamu terisi kembali.

Akan tetapi, semua proses tersebut akan melemah secara perlahan. Ion akan terperangkap di Anoda dan inilah yang biasanya kita namakan dengan "Baterai bocor" karena lekas habis seiring dengan usianya. Faktanya, bahkan kemampuan baterai sudah mulai berkurang secara perlahan mulai dari pertama baterai itu dibuat. Selain itu, Baterai juga akan lekas bocor apabila mengalami pemakaian yang tidak wajar.

Haruskah saya mencabut baterai dari laptop agar lebih awet ?

Jawaban sederhananya adalah YA, kamu harus melakukannya untuk membuat baterai tersebut awet. Akan tetapi, ada beberapa faktor yang harus diperhatikan berkenaan dengan permasalahan ini, Sebaiknya jangan pernah mencabut baterai laptop ketika laptop tersebut digunakan, walaupun saat terpasang kabel listrik sekalipun. Tindakan tersebut menimbulkan resiko yang cukup berbahaya, untuk laptop dan penggunanya.

Cara Menjaga Performa Baterai Laptop Tetap Optimal 

Poin-poin berikut ini juga patut untuk kawan2 perhatikan demi tetap menjaga performa baterai laptop tetap optimal :
  1. Jangan menghabiskan baterai hingga kurang dari 15%
  2. Habiskan baterai hingga 15% secara berkala, kemudian charge hingga penuh. Lakukan tindakan ini setiap beberapa minggu sekali.
  3. Charge dalam voltase yang pas atau lebih rendah.
  4. Meskipun laptop modem dapat memutus aliran lsitrik ketika baterai telah penuh, lebih baik jangan tinggalkan baterai dalam kondisi terpasang, demi menghindari paparan panas dari laptop yang dapat mengurangi performa baterai.
Sekian tips menjaga baterai laptop agar awet dari saya, semoga bermanfaat...
Cara Agar Baterai Laptop Tetap Awet Cara Agar Baterai Laptop Tetap Awet Reviewed by cristoper on 20.08 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.