Anak Bermain Smartphone tak Selamanya Berbahaya

http://oto-didak13.blogspot.co.id/

Beberapa tahun belakangan ini ada perubahan besar dalam dunia anak - anak. Bila dahulu mobil - mobilan dan beragam mainan sejenisnya adalah yang paling diminta, kini gadget seperti smartphone dan tablet telah menjadi salah satu wishlist.

Seperti dilaporkan Phonearena.com, banyak pihak menganggap bahwa gadget elektronik tidak bagus untuk pertumbuhan anak - anak karena akan membuat mereka kurang bisa bersosialisasi. Bahkan, Steve Jobs pun melarang anak - anaknya untuk terlalu dekat dengan gadget.

Yang menjadi pertanyaan saat ini, bagaimana bisa, seorang anak yang baru saja belajar cara memegang alat - alat makan, malah sering kali lebih akrab dengan sistem operasi IOS ataupun Android ? padahal orang dewasa yang masih awan dengan perangkat elektronik tersebut membutuhkan waktu lama agar bisa memahami dan menggunakannya.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh ahli pediatric, Deirdre Murray dari collage Cork University di Irlandia menyimpulkan bahwa di usia dua tahun, banyak anak - anak yang bisa meng-unlock dan menavigasi layar sentuh dengan mudah. Bahkan, ketika smartphone dan tablet makin populer, anak - anak umur satu tahun pun bisa mengoprasikan perangkat mobile tersebut. Bila dimanfaatkan dengan baik dan benar, para orang tua bisa mendidik anak - anak mereka melalui aplikasi dan game yang diciptakn secara khusus bagi mereka.

Berbeda dengan anggapan bahwa smartphone dan tablet itu buruk bagi pertumbuhan anak - anak, Dr. Larry Rosen dari California State University D. Hills menekankan bahwa smartphone dan tablet punya potensi yang menguntungkan bagi anak - anak, asal diberikan dengan dosis yang tepat. Jangan sampai peran kawan2 sebagai orang tua terlupakan begitu dan saja dan memberikan mereka gadget elektronik hanya agar membuat mereka duduk dan diam. Imbangi aktivitas di depan layar sentuh dengan dunia nyata agar kemampuan sosial mereka juga berkembang. Dr. Rosen mengatakan bahwa pendidikan melalui smartphone dan tablet bisa diberikan sekitar 30 menit setiap hari, tidak kurang dan tidak lebih.

Bagaimana menurut kawan2 ? apakah memberikan smartphone dan tablet adalah cara yang tepat untuk membesarkan seorang anak ?

sekian tips dari saya, semoga bermanfaat yaa....

refrensi gadgetstar.com
Anak Bermain Smartphone tak Selamanya Berbahaya Anak Bermain Smartphone tak Selamanya Berbahaya Reviewed by cristoper on 23.21 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.