5 Hal yang Wajib Diperhatikan Pasca Upgrade ke Windows 10


http://oto-didak13.blogspot.co.id/
Selamat malam kawan2 semua, dsini ada yang make windows 10 gak ? pasti ada dong ya.. Sekarang saya akan memberi tau kawan2 semua ada beberapa hal yang wajib kawan2 perhatikan setelah menginstal windows 10. 

Pada 29 Juli kemarin, Microsoft secara resmi meluncurkan upgrade sistem operasi terbaru Windows 10 secara Serentak di 190 negara, termasuk Indonesia. Belum lama dirilis, Microsoft telah mengonfirmasi bahwa sistem operasi (OS) Windows 10 saat ini telah terpasang di lebih dari 14 juta perangkat.

Sistem operasi ini digadang-gadang merupakan penyempurnaan dari seluruh edisi sistem operasi yang pernah dirilis Microsoft. Salah satu sebabnya adalah, Windows 10 diklaim menjadi sistem operasi pertama Microsoft yang mendukung muti-platform, baik di perangkat mobile maupun PC.


Apakah kawan2 termasuk salah satu yang sudah melakukan upgrade sistem operasi ke Windows 10? Jika iya, maka menurut yang dilansir laman Gizmodo, ada lima (5) pengaturan (setting) yang wajib kawan2 perhatikan. 


Penasaran apa saja? Ini dia :


1) Cortana adalah fitur asisten pribadi virtual yang sangat diandalkan pada Windows 10. Meski, fitur ini merupakan fitur default, akan tetapi kawan2 wajib mengaktifkannya terlebih dulu sebelum bisa memanfaatkannya.
Cara aktifasi Cortana sangatlah sederhana. kawan2 tinggal klik tombol menu Start > klik Cortana > klik Notebook > lalu akan muncul tombol On. kawan2 pun bisa mengaktifkan fitur voice command untuk memberikan perintah via suara dengan mengucapkan "Hey Cortana".

2) Windows 10 dibekali Microsoft dengan fitur Wi-Fi Sense. Meski terbilang inovatif, namun fitur ini menuai kritik karena dinilai mampu membuka celah keamanan dan membahayakan data-data pribadi pengguna.
Bagaimana tidak, fitur Wi-Fi Sense berfungsi untuk membagikan akses ke Wi-Fi yang kawan2 pakai kepada kontak kawan2 di Skype, Facebook, dan Outlook secara otomatis.
Namun tenang saja, Microsoft memberikan pilihan untuk menonaktifkan fitur ini. Caranya, kawan2 harus masuk ke pengaturan Wi-Fi Setting > klik Change Wi-Fi settings > klik Manage Wi-Fi settings > lalu hilangkan centang share to Outlook, Skype, dan Facebook.

3) Pasca kawan2 meng-upgrade ke Windows 10, PC kawan2 akan sedikit "lupa" aplikasi-aplikasi mana saja yang biasanya kawan2 gunakan untuk membuka file. Contohnya, sebuah file gambar biasanya akan teruka di aplikasi Windows Photo Viewer, atau file video di Windows Media Player.

Nah, untuk mengaturnya sesuai dengan keinginan kawan2 buka saja pengaturan untuk menjalankan file secara default, yakni klik kanan pada file yang ingin kawan2 buka > klik Open With > Choose another app > klik aplikasi yang ingin kawan2 gunakan untuk membukanya.
Bila kawan2 ingin aplikasi tersebut digunakan untuk membuka file sejenis, maka jangan terlewat untuk mencentang kolom "Always Open" agar kawan2 tak perlu mengulanginya lagi.


4) Seperti yang telah diketahui, Microsoft mengumumkan bahwa sistem opeasi Windows 10 adalah "generasi terakhir" dari sistem operasi Windows. Namun bukan berarti sistem operasi Windows akan punah, melainkan nama Windows 10 akan menjadi brand permanen dan tidak akan ada lagi update major.
Sebagai gantinya, Microsoft akan mencontoh Apple dengan sistem operasi OS X mereka. Ke depannya Microsoft secara berkala akan merilis update minor untuk Windows 10.
Nah, untuk proses update-nya, kawan2 bisa memilih pengaturan untuk meminta notifikasi sebelum proses update dilakukan.
5) Notifikasi sangatlah penting untuk dipersonalisasi. Di Windows 10 kawan2 dapat masuk ke menu Settings > lalu menuju System > dan akseslah Notifications & Actions.
(dhi/isk)
Sekian dan terimkasih, semoga bermanfaat yaa...













5 Hal yang Wajib Diperhatikan Pasca Upgrade ke Windows 10 5 Hal yang Wajib Diperhatikan Pasca Upgrade ke Windows 10 Reviewed by cristoper on 04.59 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.