Pengertian Modem dan Jenis-Jenisnya

Didunia Teknologi Informasi kita tidak akan pernah lepas untuk membahas yang namanya komputer lalu jika mau mempersempit ruang lingkupnya salah satu yang melekat didunia komputer adalah “Jaringan” atau “Networking”. Dan pada kesempatan kali ini saya akan sedikit membahas salah satu alat yang digunakan jika komputer anda ingin terhubung dengan Jaringan atau networking baik local area maupun internet yaitu MODEM.


Modem sendiri sebenarnya merupakan sebuah singkatan dari dua kata yaitu kata MOdulator dan kata DEModulator. Modulator sendiri adalah sebuah bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa atau bisa disebut dengan Carrier yang sudah siap untuk dikirimkan. Sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (berisi data atau pesan) yang dibawa oleh sinyal pembawa atau Carrier tadi agar informasi bisa diterima dengan baik.

So, kalau kita artikan dari pengertian dua kata diatas, maka modem bisa diartikan sebagai alat komunikasi dua arah.

Jenis-jenis Modem itu sendiri :

Modem dengan teknologi ADSL (Asymetric Digital Subscribe Line)
Modem ini memungkinkan anda untuk menggunakan internet dan telepon analog secara bersama-sama. Untuk menggunakan modem ini sangatlah mudah anda hanya perlu menggunakan sebuah alat yang bernama “Splitter” atau pembagi line. Dengan menggunakan Splitter anda bisa menerima dan menelepon tanpa harus mematikan koneksi internet anda.


Pengertian Modem dan Jenis-jenisnya


Modem ADSL umumnya memiliki 3 tipe koneksi ke komputer :

  • USB (Universal Serial Bus)
  • Ethernet/LAN Port
  • Seiring dengan perkembangannya, modem ADSL juga ada yang menggabungkan dengan fitur Wireless yang bisa didistribusikan langsung ke perangkat yang memiliki fitur wireless juga. Seperti laptop.

Modem GSM atau CDMA
Modem ini hanya support terhadap jaringan bertipe GPRS/EDGE dan 3G/HSDPA yang merupakan salah satu layanan yang diberikan oleh operator selular.


Pengertian modem dan jenis-jenisnya


Modem GSM/CDMA biasanya menggunakan koneksi untuk terhubung ke perangkat, PC, atau laptop. Salah satu kelemahan modem ini yang saya rasakan juga adalah seringnya mengalami “down” sinyal sehingga membuat koneksi internet menjadi lambat. Sebenarnya masalah ini bisa diatasi dengan memasang tambahan antena eksternal untuk memperkuat sinyal modem itu sendiri. Bisanya antena eksternal menggunakan konektor induksi atau memakai Pigtail semua tergantung dari jenis modemnya.

Modem VSAT / Satelit


Pengertian modem dan jenis-jenisnya


VSAT merupakan singkatan dari Very Small Aperture Terminal. VSAT adalah sebuah stasiun yang menerima sinyal dari satelit yang memiliki antena berbentuk seperti sebuah piring. VSAT memiliki fungsi untuk menerima dan mengirim sinyal yang berupa data ke satelit yang ada di atas bumi. Lalu diteruskan kembali oleh satelit yang mengirimkan sinyal atau data ke segala sudut penjuru dunia.

Modem Kabel


Pengertian modem dan jenis-jenisnya


Modem kabel adalah modem yang menggunakan saluran TV kabel untuk koneksi internetnya. Sedangkan kabel yang digunakan bisanya bertipe coaxial.

LAN Card / NIC (Network Interface Card)
NIC adalah expansion board yang digunakan dapat terhubung dengan jaringan. Pada umumnya dibuat untuk jaringan dan protokol tertentu. Bisa disebut juga dengan LAN (Local Area Network Card).


Pengertian modem dan jenis-jenisnya


Berdasarkan jumlah portnya dibagi menjadi 2 :
  • Single Port Lan Card
  • Multi port Lan Card
Networking atau jaringan memang tidak bisa lepas jika kita membahas dunia teknologi informasi. Karena saya rasa jika komputer tidak terhubung pada jaringan entah local maupun internet, maka manfaatnya akan sangat berkurang. 

Kiranya seperti itu yang bisa saya bahas dan bagikan tentang pengertian modem dan jenis-jenisnya. Saya sangat senang jika anda bisa meluangkan waktu sejenak untuk memberikan komentar anda apapun itu. 

Pengertian Modem dan Jenis-Jenisnya Pengertian Modem dan Jenis-Jenisnya Reviewed by cristoper on 05.49 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.