Atraksi dan Motif Wisata

http://oto-didak13.blogspot.co.id/

Apakah kawan2 menyukai wisata keliling kota ? kali ini saya akan memberikan sedikit ilmu yang saya miliki untuk kawan2 semua. Oke langsung saja kita bahas apasih itu wisata ? wisata adalah kegiatan yang dilakukan sementara oleh orang-orang dengan mengunjungi suatu tempat wisata.

Di Indonesia wisata bias di bagi menjadi 2, yaitu Obyek Wisata dan Atraksi Wisata. Apa itu obyek wisata ? obyek wisata adalah semua hal yang menarik untuk dilihat dan dirasakan oleh wisatawan yang disediakan atau bersumber pada alam saja. Sedangkan atraksi wisata adalah sesuatu yang marik untuk dilihat, dirasakan, dinikmati dan dimiliki oleh wisatawan, yang dibuat oleh manusia dan memerlukan persiapan terlebih dahulu sebelum diperlihatkan kepada wisatawan.
Obyek wisata itu bersifat statis, terikat pada tempat, dapat dijamah. Contohnya Danau Batur yang ada di Bali

Atraksi wisata bersifat dinamis, mencerminkan adanya gerak, tidak terikat tempat, dan tidak dapat dijamah, Contohnya Tari-tarian tradisional, sirkus, dsb.

Setiap wisatawan berwisata ke tempat wisata, pasti memiliki daya Tarik untuk mengunjungi tempat tersebut. Apasih itu pengertian dari daya Tarik (Atraksi) Wisata ?
  1. Segala sesuatu yang mempunyai daya Tarik, keunikan dan nilai yang tinggi, yang menjadikan tujuan wisatawan dating ke suatu daerah tertentu.
  2. Segala sesuatu yang menjadi tujuan kunjungan wisatawan.
  3. Sifat yang dimiliki oleh suatu obyek berupa keunikan, keaslian, kelangkaan, lain dari pada yang lain memiliki sifat yang menumbuhkan semangat dan nilai bagi wisatawan.
  4. Suatu bentukan dan fasilitas yang berhubungan, yang dapat menarik minat wisatawn atau pengunjung untuk dating ke suatu daerah atau tempat tertentu
Potensi wisata alam dapat dibagi menjadi 4 kawasan yaitu :
  1. Flora fauna
  2. Keunikan dan ke-khasa-an ekosistem, misalnya ekosistem pantai dan ekosistem hutan bakau.
  3. Gajala alam, misalnya kawah, sumber air panas, air terjun dan danau.
  4. Budidaya suber daya alam, misalnya sawah, perkebunan, peternakan, usaha perikanan.
Setiap orang pasti memiliki motif tersendiri untuk melakukan perjalan wisata bukan ? apakah kawan2 tau apa saja motif-motif wisata itu :
  1. Motif bersenang-senang, Motif ini biasanya melahirkan tipe wisata tamasya. Wisatawan tipe ini ingin mengumpulkan pengalaman sebanyak-banyaknya, mendengarkan dan menikmati apa saja yang menarik perhatian.
  2. Motif rekreasi, motif rekreasi menyelenggarakan kegiatan yang menyenangkan yang dimasuksud untuk memulihkan kesegaran jasmani dan rohani manusia. Kegaitannya dapat berupa olah raga, membaca, mengerjakan hobi, dsb.
  3. Motif kebudayaan, dalam tipe wisata ini, wisatawan tidak hanya sekedar mengunjungi suatu tempat untuk menyaksikan dan menikmati atraksi, namun mungkin juga untuk mempelajari atau mengadakan penelitian tentang keadaan setempat.
  4. Motif olahraga, wisata olahraga adalah pariwisata dimana wisatawn mengadakan perjalanan wisata karena motif olahraga baik bersifat nasional maupun internasional.
  5. Motif konvensi, banyak pertemuan-pertemuan nasional maupun internasional untuk membicarakan bermacam-macam masalah.
  6. Motif spiritual. Motif spiritual merupakan salah satu tipe wisata yang tertua. Sejak jaman dahulu, orang sudah mengadakan perjalanan untuk berziarah atau untuk keperluan keagamaan lain.
  7. Motif Interpersonal. Orang dapat mengadakan perjalanan wisata untuk bertemu dengan orang lain, seperti keluarga,, kerabat, atau tokoh / figure terkenal. 
  8. Motif Kesehatan. Orang melakukan perjalanan wisata untuk mencari penyembuhan atau pengobatan. Wisata kesehatan dapat dilakukan secara tradisional maupun modern.
  9. Motif Sosial. Aktivitas sosial atau kemanusiaan yang dijadikan motivasi bukanlah untuk mencari keuntungan.
Nahhh dari motif yang saya sebutkan diatas, motif mana yang bisanya membuat kawan2 untuk melakukan perjalanan wisata ?

Sekian dan termiaksih, semoga bermanfaat…
Atraksi dan Motif Wisata Atraksi dan Motif Wisata Reviewed by cristoper on 00.21 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.