Alur Sebuah Situs Atau Website Bisa Tampil di Internet

Alur sebuah situs atau website tampil di internet – Teknologi informasi saat ini bisa dikatakan berkembang cukup pesat. Salah satu inovasi didunia teknologi informasi adalah teknologi web. Dengan memiliki sebuah situs atau website anda akan sangat diberikan kemudahan untuk menyampaikan segala macam bentuk informasi kepada semua orang hanya dalam hitungan menit. Ditambah lagi dengan peluang informasi yang akan dibaca oleh orang yang bukan hanya dari dalam negeri tapi seluruh dunia bisa mengakses dan membacanya.

Beberapa kemudahanpun sudah bisa kita dapatkan jika kita ingin memiliki dan membuat sebuah situs atau website dengan banyaknya dibuat software-software web editor seperti Microsoft  Frontpage dimana kita bisa membuat website semudah kita membuat document di MS Word. Ada lagi Macromedia Dreamweaver, Visual Basic dan masih banyak lagi software-software yang lainnya. Dengan semua kemudahan yang kita dapatkan tadi, jadi saya rasa bukan hal yang tidak mungkin kita bisa membuat sebuah website dengan tangan kita sendiri, asal kita mau dan fokus untuk belajar. 

Bagi anda yang sedang atau ingin belajar membuat sebuah website, saya rasa alangkah lebih baik jika anda mengetahui terlebih dahulu bagaimana sih cara kerja serta alur pembuatan website sehingga website anda bisa tampil dan dilihat oleh banyak orang.

Pernahkan anda membuat sebuah website yang sudah bisa diakses dengan menggunakan bermacam-macam browser seperti Internet Explorer, Mozila Firefox, Google Chrome, dan lain-lain dari komputer anda sendiri ? perlu diingat, website yang anda buat itu sementara hanya bisa tampil dan dilihat oleh anda saja atau orang lain yang menggunakan komputer anda, tapi belum bisa tampil dan dilihat oleh banyak orang diluar sana dengan komputer yang berbeda pula. Oleh karena itu muncul pertanyaan, lalu bagaimana website yang sudah pernah saya buat itu bisa dilihat oleh semua orang ? jawabannya adalah setelah anda selesai membuat sebuah website dan bisa terlihat baik (tanpa crash/error) di komputer anda sendiri, anda membutuhkan sebuah tempat atau Server untuk menyimpan web anda dimana tempat atau server itu bisa diakses oleh semua orang yang terhubung dengan internet. Jadi alat yang pertama agar website anda bisa tampil dan dilihat oleh semua orang adalah SERVER.

Mari kita lanjutkan,

Begini, saya akan mengumpamakan atau mengibaratkan website yang telah anda buat sebagai toko. Lalu apa yang anda perlukan pertama kali jika ingin membangun sebuah toko ? tentunya lahan yang berupa tanah kan ? lahan itu juga pasti memiliki ukuran, entah 200 m x 300 m, 400 m x 500 m dan lain sebagainya. Dan lahan yang saya maksud itu bisa saya asumsikan dengan server atau tempat menyimpan web anda agar bisa diakses orang lain. Server pun juga memiliki beraneka macam ukuran atau space yang pada umumnya memiliki ukuran berupa MB (Mega Byte) atau GB (Giga Byte). 

Nah, setelah lahan telah anda miliki, tentunya anda sudah siap untuk membangun sebuah toko pribadi. Jika toko atau website anda sudah selesai dibangun, saya yakin anda pasti mau kan kalau toko anda banyak dikunjungi orang-orang bahkan mereka juga membeli produk yang anda jual. Disini anda akan membutuhkan sebuah alamat lengkap toko anda agar orang lain tahu dan mengunjungi toko anda tanpa kesasar. Dan nama toko anda itu yang diperlukan jika website anda sudah disimpan pada sebuah server yaitu domain.

Domain adalah sebuah alamat khusus yang diberikan kepada sebuah website agar orang-orang bisa dengan mudah mengunjungi web tersebut. Karena didunia saat ini sudah ada lebih dari puluhan juta website yang bisa kita lihat dengan beraneka macam informasinya. Coba bayangkan saja betapa susahnya kita jika ingin mengunjungi sebuah web jika kita tidak tahu alamat dari web tersebut. Dan untuk sebuah alamat web pastinya akan berbeda dengan alamat web lainnya. Sebagai contoh, alamat web seperti www.tokoku.com akan hanya ada satu didunia dan tidak akan ada orang yang memiliki alamat yang sama.

Kesimpulan,

Jika anda ingin membuat sebuah website dan banyak orang yang mengunjunginya diperlukan beberapa komponen :

  1. Server, tempat anda menyimpan semua isi web anda agar orang lain bisa mengaksesnya selama terhubung dengan internet.
  2. Domain, adalah unik yang akan menjadi alamat web anda agar semua orang bisa dengan mudah dan tepat untuk mengunjunginya.

Alur dan proses dari pembuatan website agar bisa tampil di internet


Alur Sebuah Website Tampil di Internet




Alur Sebuah Situs Atau Website Bisa Tampil di Internet Alur Sebuah Situs Atau Website Bisa Tampil di Internet Reviewed by cristoper on 05.40 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.